Jumat, 13 Februari 2009

Pemanfaatan TIK

Membahas Pemanfaatan TIK untuk Memajukan Sekolah

Membaca kurikulum TIK tentunya akan mendapati standar kompetensi pengenalan internet. Sejauh manakah pelaksanaan di lapangan terhadap standar kompetensi tersebut? Inilah pertanyaan yang sering terlintas dalam kepala saya. Mengingat apa yang ada (SDM dan Infrastruktur) belumlah bisa dikatakan mencukupi. Sehingga saya koq belum yakin dapat berjalan sesuai yang diinginkan para penggagas kurikulum di pusat. Saya yang mengajar di daerah dan jauh pula dari fasilitas perkotaan merasakan betul betapa sulitnya mengajarkan ICT kepada anak didik saya.

Saya jadi ingin mengutip kriteria pemanfaatan TIK, dalam hal ini internet yang dikeluarkan Unesco. Tahap pertama adalah emerging yaitu tahapan masyarakat baru menyadari pentingnya TIK, biasanya pada negara tertinggal. Tahap kedua yaitu applying yaitu tahapan masyarakat baru mempelajari TIK (learning how to use ICT). Tahap ketiga yaitu integrating yaitu belajar mengintegrasikan TIK untuk perkembangan dunia pendidikan. Tahap keempat adalah transforming yang berarti TIK menjadi katalis terhadap efektifitas dan efisiensi pembelajaran serta reformasi pendidikan secara umum.

Tidak ada komentar: